Monday 10 July 2017

Aquanus - Superhero Dalam Air


Aquanus,
adalah salah satu tokoh Superhero asal Indonesia ciptaan Wid NS.  Hadir pertama kali pada komik berjudul “Aquanus di Planet Vibhy” pada tahun 1968.  Desain karakter Aquanus sepertinya terinspirasi dari tokoh superhero Amerika “Aquaman”. Begitu juga  kemampuan superheronya seperti bisa bernafas dalam air, jago berenang dengan kecepatan tinggi di permukaan maupun di dalam air. Kemampuan lainnya adalah sabuknya bisa memancarkan sinar pelangi yang bisa menghancurkan apa saja yang terkena sinarnya.

Asal Usul
Ketika terjadi penyerangan oleh bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di bumi. Keluarga pemburu paus menemukan seorang bayi putra angkat Raja Sving tersebut dan memberinya nama Dhanus.
Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar laut. Suatu ketika saat menyelam di dasar laut seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa. Orang itu tewas ditembak para penyelam. Sebelumnya ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini menjadi sebuah senjata Dhanus. Sejak itulah Dhanus selalu menggunakan nama Aquanus sebagai nama superheronya. Nama Aquanus berasal dari “Aqua”  dan “Nus” dari Dhanus.
Setelah dewasa Aquanus berniat kembali ke planet Zyba untuk membantu orang di planet Zyba yang tanpa tahu bahwa yang menguasai planet Zyba ternyata bangsa Burbur yang merebut tanah kelahirannya dari bangsa Zyba. Orang-orang Quantra dari planet Vibhy yang berseteru dengan bangsa Burbur menarik pesawat Aquanus ke Vibhy. Di sana Aquanus bertemu dengan Ratu Zerhami keturunan asli Raja Sving yang lahir di planet suaka Quantra. Permaisuri Raja Sving memang telah diselamatkan bangsa Quantra pada saat penyerbuan Burbur ke Vibhy. Aquanus setelah mengetahui siapa dirinya, melakukan penyusupan dan membantu mengalahkan bangsa Burbur.
Sekembalinya ke bumi, Aquanus bergabung dengan superhero lainnya dan bahu membahu menumpas kejahatan di muka bumi. Tidak jarang aksinya ditemani Godam, Gundala dan lain-lain, dan melakukan pertemuan rahasia di markas bawah air Aquanus di Teluk Berhala.

sumber:planetsuperhero.wordpress.com

15 comments:

  1. Yg seri 2-08 link nya sama ke yg 7 nih, tolong yg 8 nya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kak, kok yg seri 2 eps 12 - 14 kok tidak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dapat dari sumbernya lagi. sabar gan

      Delete
  4. iya kak, kok yg seri 2 eps 12-14 nggak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dapat dari sumbernya lagi. sabar gan. baca-baca yang lainnya saja dulu

      Delete
  5. Replies
    1. di coba lagi aja gan, kalau ada iklan harap maklum gan dan tinggal ikuti petunjuk saja

      Delete
  6. Untuk yg chapter 1 seri 1 tolong diperbaiki

    ReplyDelete
  7. Seri 1 Chapter 4 juga link nya bermasalah

    ReplyDelete
  8. kok nggak di jawab jawab sih?

    ReplyDelete